The 3rd Asian Consortium Of Volcanology (acv) Training Camp Yogyakarta, 19-22 November 2018

Asia adalah salah satu wilayah yang paling padat baik segi jumlah manusia dan juga keberadaan gunungapi. Tentunta kita akan dihadapkan oleh adanya potensi bencana gunungapi yang dapat membahayakan kehidupan manusia. Bagaimana kita hidup berdampingan dengan gunungapi untuk perkembangan berkelanjutan di kawasan Asia menjadi tantangan bagi kita. Dibentuknya "Asian Consortium of Volcanology" (ACV) pada tahun 2015 adalah untuk menjawab tantangan tersebut dan juga sebagai salah satu bentuk promosi ilmu vulkanologi serta pengembangan strategi penanggulangan bencana gunungapi, melalui kerjasama antara ahli gunungapi dan pihak terkait.

Kegiatan dalam ACV meliputi berbagi pengetahuan ilmiah dan teknologi untuk penanggulangan bencana gunungapi (berkolaborasi dengan WOVOdat, G-EVER, dll.), workshop tahunan, pelatihan (training camp) untuk ilmuwan muda dan proposal proyek kerjasama internasional.

ACV Training Camp sendiri telah dilakukan dua kali sebelumya. ACV Training Camp pertama diselenggarakan 28 October – 5 November 2015 di Mount Fuji Research Institute, Japan. ACV Training Camp kedua juga diselenggarakan di Jepang pada 17- 21 April 2017 tepatnya Kagoshima.

Pada ACV training camp ke-3 kali ini diselenggarakan di Harper Mangkubumi Hotel, Yogyakarta pada tanggal 19 – 22 November 2018. The 3rd ACV training camp ini dibuka oleh Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Kegiatan ini.berfokus pada interpretasi data observasi gunungapi dari beragam disiplin ilum kebumian, yaitu geofisika, geokimia, geologi, petrologi, dll. Diharapkan baik pengajar maupun ilmuwan muda dapat berbagi ilmu dan pengalaman terkait aktivitas gunungapi dan penangannya. Dalam kegiatan ini berisi penyampaian materi dari para pengajar, pemaparan hasil riset dari peserta, yang diakhiri dengan kegiatan eksursi di sekitaran G. Merapi.

ACV Yogyakarta 191118

Acara pembukaan The 3rd ACV Training Camp di Harper Mangkubumi Hotel, Yogyakarta yang dihadiri oleh Kepala PVMBG.