Pembahasan Rancangan Peraturan Menteri Esdm Tentang Standarisasi Tata Kelola Pos Pengamatan Gunungapi

Bertempat di Hotel Takashimaya - Jl. Grand Hotel No. 35 Lembang Bandung dari tanggal 1 - 3 Januari 2018, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengadakan Pembahasan Rancangan Peraturan Menteri ESDM tentang Standarisasi Tata Kelola Pos Pengamatan Gunungapi, acara yang dihadiri oleh Pejabat, Tenaga Ahli dilingkungan PVMBG juga menghadirkan nara sumber dari Biro Hukum ESDM Adha Yuda Faturochman, SH MH, 

Pengamat Gunung Api adalah pelaksana teknis yang mempunyai tugas dan tanggungjawab melakukan pengamatan kegiatan gunungapi secara menerus di pos pengamatan gunungapi dan memberikan pelayanan jasa terbatas di wilayah masing-masing. Sebagai suatu lembaga pelayanan publik Pos Pengamatan Gunungapi merupakan pintu utama keluarnya informasi mengenai aktifitas kegunungapian, maka pos pengamatan gunungapi diharapkan memiliki sarana dan prasarana yang memadai guna menjalankan tugas dan fungsinya. 

Pos Pengamatan Gunungapi adalah sarana untuk mengamati aktivitas gunung api, baik secara visual, dilakukan dengan mengamati semua aktivitas gunung api menggunakan mata telanjang dibantu teropong, maupun secara instrumentatif adalah pengamatan aktivitas gunung api dengan peralatan bantu berupa seismograf, alat ukur deformasi, dan peralatan lainnya. 

Beberapa pos pengamatan gunungapi yang tersebar di Indonesia belum memiliki standar yang tepat dalam fungsi dan sarana pos pos pengamatan gunungapi. Standardisasi pos pengamatan gunungapi adalah menyeragamkan tata kelola pos pengamatan dan pelayanan para pengamat gunungapi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya kepada masyarakat. Adapun lingkup standardisasi sarana dan prasarana Pos Pengamatan Gunungapi meliputi Menstandarisasi layout bangunan Pos, Memiliki penunjuk jalan/arah menuju Pos Pengamatan Gunungapi, dan menstandarisasi kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh sebuah Pos Pengamatan Gunungapi.

Tujuan akhir dari pelakasanaan acara ini adalah untuk menciptakan keselamatan dan kenyamanan dalam bekerja, mewujudkan penataan yang bernilai estetika.

Yana Karyana

HUMAS_PVMBG

 

Foto-foto kegiatan pembahasan

IMG_4571

 

IMG_4589

 

IMG_4602

 

IMG_4603