Kunjungan Kepala Badan Geologi Ke G. Sinabung – Sumatera Utara

Dalam rangkaian kegiatan Kepala Badan Geologi di Sumatera Utara, setelah mendampingi Menteri ESDM pada acara peresmian Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba, Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar melakukan kunjungan ke Pos Pengamatan G. Sinabung di Desa Ndokum Siroga dan ke Wakil Bupati  Kabupaten Karo.

Kunjungan Kepala Badan Geologi di Kabupaten Karo dimulai dengan mengunjungi Tugu Bambu untuk melihat visual G. Sinabung dari dekat, dilokasi ini Kepala Badan menerima penjelasan tentang aktivitas letusan G. Sinabung dari Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi. Lokasi lainnya yg dikunjungi adalah : Danau Lau Kawar, Bras Tepu.

Di Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, Kepala Badan Geologi mendapat penjelasan tentang pemantauan aktivitas vulkanik G. Sinabung yg menggunakan 5 stasiun seismik, 3 stasiun CGPS, 3 stasiun tiltmeter, 1 baseline EDM, 3 stasiun permanen DOAS NOVAC (pengukuran SO2), 1 stasiun HOBO (pengukuran suhu air panas), 2 stasiun CCTV, Kamera Thermal, Range Finder, dan Radar Meteorologi,  dengan 5 personil pengamat gunungapi.

Kunjungan Kepala Badan Geologi selanjutnya adalah ke rumah dinas Wakil Bupati Karo Ibu Corry Sebayang. Pada kunjungan ini juga turut serta Staf Ahli Menteri Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup ESDM Bapak Satri Nugraha, Kepala Pusat PVMBG Bapak Kasbani, dan Kepala Biro Umum ESDM Bapak Endang Sutisna. Kunjungan sekaligus silahturahmi Kepala Badan Geologi tersebut untuk melaporkan hasil kunjungan ke Huntara di Simpang Empat dan ke beberapa lokasi terdampak letusan G. Sinabung.

Beberapa hal yang mengemuka yang ditemuai selama kunjungan lapangan Kepala Badan Geologi tersebut antara lain masalah kekurangan pasokan air bersih dan listrik penerangan jalan umum dan di sekitar lokasi Huntara. Dalam penjelasan Kepala Badan Geologi dan Staf Ahli Kementerian ESDM  Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup akan membantu penanganan masalah pengungsi sesuai dengan tugas dan fungsi Kementerian ESDM, yaitu penanganan bencana geologi, penyediaan air bersih dan listrik. Sedangkan untuk bantuannya kebutuhan lainnya akan diupayakan melalui pola bantuan CSR tegas Bapak Satri Nugraha selaku Ketua ESDM Siaga Bencana.

 

 kunjungan gunung sinabung

Foto 1. Diskusi kondisi G. Sinabung saat kunjungan lapangan ke Danau Lau Kawar.

 

kunjungan gunung sinabung2

Foto 2. Kunjungan ke Huntara pengungsi G. Sinabung, dalam rangka penentuan titik lokasi Sumur bor air tanah bantuan Kementerian ESDM.

 

kunjungan gunung sinabung3

Foto 3. Penyerahan bantuan dari Kementerian ESDM untuk Pos PGA Sinabung, diserahkan secara simbolik oleh Staf Ahli Menteri Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Bapak Satria Nugraha.

 

kunjungan gunung sinabung4

Foto 4. Kunjungan Kepala Badan beserta rombongan ke Wakil Bupati Karo.

 

kunjungan gunung sinabung5

Foto 5. Penjelasan aktivitas G. Sinabung oleh Kapus PVMBG saat kunjungan di Pos PGA Sinabung.