G. Hobal

G. Hobal, Nusa Tenggara Timur pdf_icon_transparent

KETERANGAN UMUM   
Nama Lain : -
Lokasi   

:

8º22′26" LS dan 123º35'26" BT, secara administrasi termasuk Kec. Atedai, Kab. Flores bagian timur, Nusa Tenggara Timur, P. Lembata (nama lain P. Lomblem) 


:

 

Ketinggian :  Tidak Diketahui
Kota Terdekat :  Atedai
Tipe Gunungapi :  Gunungapi di bawah laut
Pos Pengamatan :  Tidak ada

 

PENCAPAIAN PUNCAK

Dari Maumere ke Larantuka dengan menggunakan kendaraan beroda empat, dari Larantuka ke Lembata (Lewoleba) dengan menggunakan kapal laut, terus dilanjutkan dengan kendaraan beroda empat dari Lembata menuju ke Kec. Atadei di mana G. Hobal terletak. Dari sini untuk sampai ke G. Hobal yang terletak dibawah laut menggunakan sampan atau berok.

Tidak banyak data mengenai gunung ini. Karena loksinya yang berada dibawah laut, maka potensi wisata di sekitar G. Hobal adalah pemandangan pantai yang dipadu dengan fenomena gunungapi bawha laut, serta sekitarnya berupa jajaran G. Ili Gripe dan G. Ili Werung.

Letak gunung ini sekitar 200 meter dari pesisir pantai Waiteba, pantai yang disapu gelombang tsunami bulan Juli 1979. Musibah tsunami tersebut menenggelamkan separuh dari wilayah bekas ibu kota Kecamatan Atedai, bersama ratusan penghuninya.

Sebelum G. Hobal meletus sekitar 1970-an, puncaknya muncul diatas permuakaan laut saat air surut. Namun saat terjadi pasang, gunungapi itu kembali tenggelam. Namun saat ini, saat air surut pun gunung tersebut tidak terlihat, kemungkinan puncaknya sudah tergerus gelombang laut. Letusan G. Hobal terkahir terjadi pada tahun 1999, saat itu hembusan asap putih keluar dari permukaan laut setingi ±100 meter.