G. Wurlali

G. WURLALI, Kepulauan Banda, Maluku pdf_icon_transparent
1



KETERANGAN UMUM   
NAMA LAIN :

G. Wuarlili

NAMA KAWAH :

Natarweru

POSISI

GEOGRAFI

:  7o 7' 30" LS dan 128o 40' 30" BT
ADMINISTRASI :  P. Damar termasuk dalam wilayah Kec. Kisar, Kab. Maluku Tenggara, Prop. Maluku.
KETINGGIAN :
 Puncak G. Wurlali 868 m dpl
KOTA TERDEKAT :  Batu Merah, terletak di Barat P. Damar pada ketinggian lk. 5 m dml.
POS PENGAMATAN :  Desa Wulur Kecamatan Pulau Damar, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Propinsi Maluku Geografi : 07o 09' 42,00" LS dan 128o 40' 13,04" BT Ketinggian 212 dml.

 

2

Lokasi G. Wurlali di Pulau Damar

 

PENDAHULUAN

Cara Mencapai Puncak  

Untuk mencapai G. Wurlali yang ada di P. Damar, dapat ditempuh dengan menggunakan kapal perintis KM. Bandar Naira yang berangkat dari Ambon dengan tujuan Seram, Saruai, Nila, Teon dan Damer, lalu turun di teluk Kuluwali desa Wulur, Kecamatan Damer, dengan lama perjalanan 3 malam (± 60 Jam). Selain jalur tersebut ada juga kapal KM Wetar dengan jalur pelayaran dari Surabaya-Kalabahi-Wetar-Kisar-Damer, lama perjalanan sekitar 1 Minggu. Kecamatan Damer belum mempunyai dermaga, sehingga naik/turun penumpang atau bongkar muat dilakukan di tengah laut dengan menggunakan perahu.

Untuk melakukan pengamatan lubang tembusan solfatara di G. Wurlali, perjalanan dapat ditempuh dari desa Wulur ke desa Kehli dengan berjalan kaki (1 jam) atau naik perahu (15 Menit). Dari Kehli jalan kaki ke Kawah G. Wulur mengikuti jalan setapak bekas jalan penambang belerang selama ±3 Jam.

Demografi

P. Damar dihuni sebanyak kurang lebih 3.300 jiwa (1993), dengan luas daerah kurang lebih 315 km2.

Inventarisasi Sumberdaya Gunungapi

Gunungapi P. Damar ini sulit untuk dijangkau maka sumberdaya gunungapi berupa batu pecah andesit piroksin dan belerang secara ekonomi dianggap tidak prospek. Kegiatan G. Wurlali ditengarai terdapatnya lapangan solfatara.

Wisata 

Jarak tempuh dari Ambon menuju P. Damar dengan menggunakan kapal perintis dapat memakan waktu 5 s/d 6 jam. P. Damar mempunyai pesona dan potensi wisata yang baik, teknis kendala transportasi sangat besar, karena pulau ini terletak di pulau bebas. Sehingga wisatawan mancanegara maupun domestik diperkirakan merasa enggan untuk berekreasi ke P. Damar.