G. Lawarkarwa

G. LAWARKAWRA, Kepulauan Banda, Maluku pdf_icon_transparent
1



KETERANGAN UMUM   
NAMA LAIN :

Kokon atau Lina

Lokasi

GEOGRAFI

:  6o44' Lintang Selatan dan129o30' Bujur Timur
ADMINISTRASI :  Kec. Tutmoru. Kab. Maluku Tengah, Propinsi Maluku (P. Nila)
KETINGGIAN :  + 781 m dml.
KOTA TERDEKAT :  Ambon, Banda Neira
TIPE GUNUNG API :  Strato dalam kaldera
POS PENGAMATAN :  -

 

PENDAHULUAN

Cara Mencapai Puncak  

Pencapaian ke P. Nila dari Ambon atau Banda Neira dengan fasilitas angkutan umum hanya menggunakan kapal perintis. Frekuensi pelayaran ke pulau-pulau di Maluku Tengah dan Selatan sangat terbatas, lebih-lebih lagi pada waktu musim angin dari arah selatan atau tenggara. Sedangkan untuk mencapai kedua puncak gunungapi tersebut dapat dilakukan pendakian dari Wotai di pantai selatan tersebut.

Demografi

Daerah yang layak untuk dihuni di P. Nila pada umumnya hanya di tubuh gunungapi muda. Di tubuh gunungapi tua tidak ada dataran yang layak, pada umumnya telah tererosi kuat dan bertebing curam.

Sebelum kegiatan gempa tahun 1968 desa Rumdai yang terdiri dari 4 kampung, Usliapan, Kuralele, Kokroman dan Ameth terletak di kaki gunungapi sebelah timur. Di pantai utara hanya ada kompleks Kantor Kecamatan Teon-Nila-Serua (TNS), yang bernama Tutmoru. Karena kegiatan gempa tersebut di sebelah utara deretan kampung di pantai timur itu terancam oleh kemungkinan letusan. Lk. 200 m. di utara desa Rumdai letusan-letusan freatik terjadi. Dengan adanya kekhawatiran letusan akan bergeser ke tempat pemukiman desa tersebut dipindahkan ke pantai utara dengan nama kampung yang sama dengan namanya semula.