G. Sirung

G. SIRUNG, Nusa Tenggara Timur pdf_icon_transparent
1 2

KETERANGAN UMUM   
Nama Lain :

-

Nama Kawah :

Kawah A, Kawah B, dan Kawah D

Tipe Gunungapi :  Strato dengan kaldera berdanau
Geografi Puncak :

08°30'36" Lintang Selatan dan 124°08'54" Bujur Timur

Administrasi

:  Kec. Alor Pantar, Kab. Alor, Propinsi Nusa Tenggara Timur
Ketinggian :  862 m di atas permukaan laut
Desa Terdekat :  Kakamauta
Pos Pengamatan :  Desa Tude, Kec. Alor Pantar, Kab. Alor, Propinsi Nusa Tenggara Timur (08 26'48" LS, 124 03'26" BT, ketinggian 65 m di atas permukaan laut)

 

PENDAHULUAN

Cara Mencapai Puncak

Perjalanan menuju Kawah G. Sirung dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan roda dua mulai dari Pos PGA hingga ke Desa Kakamauta yang merupakan desa terdekat dengan G. Sirung dalam waktu lk. 1 jam. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju tepi kaldera G. Sirung.

Inventarisasi Sumber Daya Gunungapi

Sumber daya G. Sirung sampai saat ini belum terinventarisasi karena pemetaan geologi di gunungapi ini belum dilakukan. Dari kenampakan di lapangan banyak dijumpai sumber mata air di utara G. Sirung dekat dengan Pelabuhan Baranusa. Sumber mata air panas ini merupakan manifestasi adanya sumber panas bumi.

Wisata

Saat ini G. Sirung telah dipromosikan sebagai daerah tujuan wisata pendakian beserta fenomena danau Kawah Sirung yang sangat indah. Hanya saja perlu pengembangan lebih lanjut, terutama sarana jalan perlu diperbaiki. Fenomena vulkanik yang terlihat di Desa Air Panas dan Air Terjun di Pulau Pantar juga telah dipromosikan diberbagai situs wisata.