G. Ebulobo

G. EBULOBO, Nusa Tenggara Timur pdf_icon_transparent
1



KETERANGAN UMUM   
NAMA GUNUNGAPI :

 G. EBULOBO

NAMA LAIN :

 Amburombu, Ambulombo, Ebulobo, Keo Peak

NAMA KAWAH :

 Tidak ada, terdapat paling sedikit 8 buah titik letusan
dan 3 sumbat lava (Petroeschevsky)

LOKASI

a. LOKASI ADMINISTRASI :  Kabupaten Ngada, Flores - Nusa Tenggara Timur
b. LOKASI GEOGRAFI :  8°48.5' LS dan 121°11' BT.
KETINGGIAN :
 2123 m dpl
KOTA TERDEKAT :  Boa Wae
TIPE GUNUNGAPI :  Strato
POS PENGAMATAN :
 Desa Leguderu, Kec. Boawae, Kab. Sikka 86462 - NTT
Posisi Geografis : 08º 48' 37,90" LS, 121º 09' 26,70" BT (966 mdpl).

 

PENDAHULUAN

Pencapaian Puncak

Pendakian pada umumnya dilakukan dari daerah Boa WaE (522 m) yang dapat dicapai dengan kendaraan bermotor dari Ende melewati Nata Merah. Sepuluh menit dari Nata Merah , jalan raya ditinggalkan dan pendakian melalui jalan yang biasa dilewati kuda, dilakukan ke arah selatan sampai ke suatu lokasi yang dinamai Rega. Di sini para pendaki dapat beristirahat. Setelah beristirahat perjalanan dilanjutkan, kondisi jalannya menjadi sempit dan mulai mendaki. Setelah melewati Kali Nanga dengan airnya yang jernih, dicapai Nage, kemudian berturut-turut Laja, Numu Pie dan akhirnya Kp, Mulakoli. Dari sinilah pendakian sesungguhnya dimulai (lk. 900 m). Biasanya para pendaki menginap dahulu disini. Orang yang biasa mendaki dapat mencapai puncak setelah lk. 3 jam.

Di dekat kampung banyak tumbuh pohon limau, kemudian ke bagian atas pohon jambu, selanjutnya para pendaki memasuki hutan lebat. Di perbatasan antara hutan dengan daerah puncak yang gundul, terdapat sebuah gua yang dinamai Goa Kapa, ditempat ini para pendaki biasa berkemah. Di Ekowolo - Boawai ada pos observasi gunungapi.

Inventarisasi Sumberdaya Gunungapi

Umumnya di daerah G. Ebulobo mempunyai sumberdayanya berupa pasir, dan batu gunungapi yang sangat melimpah. Bahan ini digunakan sebagai bahan bangunan oleh penduduk sekitarnya. Selain bahan galian yang melimpah , umumnya tanah disekitar gunungapi sangat subur, sebagai penghasil sayur mayur dan buah-buahan.

Wisata

Udara disekitarnya cukup sejuk dimasa mendatang baik untuk parawisata dan perkemahan dan tempat-tempat beristirahat.