G. Peut Sagoe

G. PUET SAGOE, NANGGROE ACEH DARUSSALAM pdf_icon_transparent
PUET


KETERANGAN UMUM

  
Nama Lain :

Puet Sague, Puet Sagu atau Ampat Sagi

Lokasi   
A.Geografi Puncak :

Kabupaten Pidie Meriah, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

B.Administrasi

:  6°43'LS - 106°44' BT
Ketinggian :  2780 m dpl
Kota Terdekat :
 Pidie
Tipe Gunungapi :  Strato dengan kubah lava di puncak
Pos Pengamatan :  Transdespot Turucuet, Desa Mane, Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie. 04o 52' 11" LU dan 96o 05' 25,7" BT. Tinggi 444 m dpl.

 

PENDAHULUAN

Cara Mencapai Puncak

Puncak G. Peut Sague umumnya dicapai melalui sisi barat, yaitu lewat Kampung Lutueng, Kecamatan Geumpang. Kecamatan Geumpang sendiri dapat dicapai dari Kota Banda Aceh via Sigli dan Tangse, yang berjarak lk 232 km. Hamidi, S (1976) berhasil mencapai puncak G. Peut Sague melalui Geumpang via Kampung Lutong dengan waktu tempuh selama 5 hari. Farisy,S dkk dari tim Kanwil Departemen Pertambangan dan Energi, Propinsi Daerah Istimewa Aceh, pada 12 Desember 1993 juga melakukan pendakian lewat jalur yang sama dengan waktu tempuh 5 hari.

Gede Suantika, dkk. (1998), melakukan perjalanan melalui Kampung Lutung. lokasi transmigrasi SP4, dengan cara merintis jalan tim ini berhasil mencapai puncak selama 2 hari atau total waktu tempuh pulang pergi selama 5 hari. Jarak Kampung Lutung ke Puncak Lutung (salah satu puncak di G. Peut Sague) adalah sekitar 20 km.

SEJARAH KEGIATAN GUNUNGAPI

Berdasarkan catatan sejarah G. Peut Sagoue, kegiatan terakhir yang tercatat adalah:

1918 Laporan dari tentara kompeni G. Peut Sagoue menunjukkan peningkatan.

1919 Pada Tanggal 25 September tampak asap putih mengepul dari salah satu puncak sebelah barat G. Peut Sagoue.

1920 Pengamatan yang dilakukan oleh tentara kompeni pada bulan Maret dari kejauhan tampak tiang asap membumbung ke angkasa disertai sinar api berasal dari kawah sebelah barat dan bagian timur. Pada bulan Mei dari kejauhan terlihat gumpalan asap disertai suara gemuruh dan semburan bara api.

1998 Pada tanggal 26 April, pilot Garuda Indonesia Airline melintas daerah G. Peut Sagoue pada ketinggian 7 Km melihat adanya letusan abu dengan ketinggian mencapai 3 Km.

2000 Pada bulan Desember terjadi letusan dan sebaran abunya mencapai Geumpang, Lutung, Mane dan Bangke yang jaraknya lk. 20 Km dari G. Peut Sagoue.