G. Papandayan

G. PAPANDAYAN, JAWA BARAT pdf_icon_transparent


KETERANGAN UMUM

  
NAMA GUNUNGAPI :

G. Papandayan

NAMA LAIN :

-

NAMA KAWAH :

Kawah Mas, Kawah Nangklak, Kawah Manuk Nama kawah lain di sekitar G. Papandayan : Tegal ALun-alun dan Tegal Brungbung.

LOKASI GEOGRAFI

: 6 46' LS dan 107 36'BT

LOKASI

A. LOKASI ADMINISTRASI : Kabupaten Garut, Jawa Barat
B. LOKASI GEOGRAFI : 7 19'00" LS dan 107 44'00"BT
KETINGGIAN :
2665 dpl
KOTA TERDEKAT : Garut
TIPE GUNUNGAPI : Strato tipe A
POS PENGAMATAN :
Kampung Pusparendeng, Desa Pakuwon, Kec. Cisurupan, Kab. Garut
Dengan posisi geografi : 07o16'24,25"LS 107o47'28,76"BT

 

PENDAHULUAN

Cara Mencapai Puncak  

Jalan pertama, melalui kota, lalu menuju Kecamatan Cisurupandan dari sini dilanjutkan hingga Kawah Mas. Jalan kedua, melalui Pangalengan, melewati daerah perkebunan Garut Selatan (Perk. Sedep dan Malabar) hingga perkebunan Cileuleuy, dari sini dilanjutkan menuju Kawah Mas.

Demografi

Konsentrasi pemukiman penduduk berada di sektor timurlaut, tenggara dan timur-tenggara yakni di Kecamatan Bayongbong, Cikajang dan Cisurupan. Sedangkan pemukiman penduduk di sektor utara, baratlaut, barat, baratdaya dan selatan jumlahnya relatif sedikit.

Inventarisasi Sumberdaya Gunungapi  

A. Batuan Beku

Cadangan batuan beku cukup berlimpah, berupa lava berkomposisi andesit dan andesit-basaltik, dimanfaatkan menjadi batu belah dan batu lempengan untuk keperluan bahan bangunan dan batu hias serta pengerasan jalan dan pembuatan jembatan.

B. Belerang (Sulfur)

Cadangan belerang (sulfur) cukup berlimpah, terutama di Kawah Mas (puncak G.Papandayan), dipergunakan untuk pembuatan pupuk. Akses jalan menuju Kawah Mas sudah beraspal dengan kondisi relatif baik, kecuali antara tempat parkir dan Kawah Mas.

C. Kaolin

Cadangan kaolin relatif sedikit, terutama terdapat di sekitar G. Walirang, Kawah Mas dan di sebaran endapan guguran puing (debris avalanche deposit). Biasanya dipergunakan untuk pembuatan porselin dan obat-obatan.

Wisata

Terdapat di sekitar puncak G. Papandayan, yakni di Kawah Mas. Untuk objek camping yang cukup representatif, adalah di sekitar Tegal Alun-alun dan Tegal Brungbung. Panorama alam yang cukup memukau, terdapat di sektor barat, baratlaut dan utara, terutama karena hamparan perkebunan tehnya.
Bagi penggemar hiking, dapat melakukannya melalui sektor timurlaut, yakni melalu kampung Panday, melewati Pos Pengamatan G, Papandayan (berposisi di kampung Pusparendeng), kampung Pangauban (dengan kemiringan lereng relatif kecil, yakni berkisar antara 5o dan 10o). Dari sini menuju puncak G.Papandayan sektor timurlaut melewati punggungan berkemiringan lereng antara 30 o dan 45o. Lama perjalanan berkisar 5-6Jam.