G. Salak

G. SALAK, JAWA BARAT pdf_icon_transparent
Salak


KETERANGAN UMUM

  
NAMA KAWAH :

Kawah Ratu, Kawah Hirup dan Kawah Paeh

LOKASI GEOGRAFI

: 6°43'LS - 106°44' BT
LOKASI ADMINISTRASI : Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat
KETINGGIAN :
Puncak G. Salak, 2211 m dpl
KOTA TERDEKAT : Bogor
TIPE GUNUNGAPI : A (Strato)
POS PENGAMATAN : Kamp. Babakan Sari, Desa Bend, Kec. Cicuruk, Kab. Sukabumi. Koordinat Geografi:
06°45’17,60“ LS dan 106°47’41“ BT

 

PENDAHULUAN

Cara Mencapai Puncak  

Untuk mencapai puncak G. Salak dapat dilakukan dari 2 arah, yaitu dari sebelah utara dan selatan. Jalan pertama dari arah utara dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor sampai daerah kehutanan melalui Cikampak atau Cibatok menuju kampung Gunung Bunder. Dari batas hutan perjalanan dilanjutkan melalui jalan setapak menuju kawah dengan waktu tempuh lk. 2 jam. Jalan kedua dari arah selatan melalui Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi dengan kendaraan bermotor sampai batas hutan di kampung Cidahu atau Nangkabeurit. Perjalanan selanjutnya hanya dapat ditempuh dengan melalui jalan setapak menuju puncak/kawah dan memerlukan waktu lk. 2 jam.

Inventarisasi Sumberdaya Gunungapi

Bahan galian yang ditemukan di sekitar G. Salak yang dianggap ekonomis antara lain tufa pasiran yang terdapat di Desa Kutajaya, Tugujaya dan Cidahu. Batu pecah andesit terdapat di Desa Logi. Batu ceper andesit terdapat di Desa Cidahu dan Batu Gamping terdapat di Desa Bojong Pangkas.

Wisata 

Objek wisata di kawasan G. Salak yang sudah berkembang pada saat ini diantaranya; objek wisata hutan lindung dan camping ground, objek wisata Pondok Argo Maos, objek wisata Taman Cimalati dan Pemandian Taman Angsa, objek wisata Danau Lido-Cisempur, serta objek wisata Curug Cigamea dan Ngumpet I. Sedangkan objek wisata yang belum berkembang di antaranya; Curug Dua Undak, Curug Ngumpet II, serta sumber air panas Cikuluwung. Objek wisata alternatif yang dapat dikembangkan secara baik yaitu di daerah G. Peuteuy sebagai objek wisata vegetasi.