Berita Penurunan Status Gunungapi Agung Ke Level “ Siaga”

Hari Sabtu Tanggal 10 Februari 2018 Pukul 9.00 WITA bertempat di Pos Pengamatan G. Agung diRendang, Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Kepala BNPB Willem Rampangilei, Kepala BadanGeologi Rudy Suhendar dan Kepala PVMBG Kasbani, mengumumkan Penurunan Status G. Agungdari Level IV (AWAS) ke Level III (SIAGA). Turut serta hadir Wakil Bupati Karangasem, Kadis ESDMProvinsi Bali, Kepala BPBD Provinsi Bali, Kepala BPBD Karangasem, dan Incident Commander G.Agung.

Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi data pemantauan multi-parameter denganmempertimbangkan potensi ancamannya, PVMBG memberikan rekomendasi zona prakiraan bahayayaitu area radius dalam 4 km dari Kawah Puncak Gunungapi Agung. Hal ini berarti masyarakat,pendaki, pengunjung, wisatawan dihimbau untuk TIDAK melakukan aktivitas apapun di ZonaPrakiraan Bahaya tersebut, termasuk juga masyarakat yang beraktivitas di sekitar bantaran sungaiyang berhulu di puncak G. Agung agar mewaspadai potensi bahaya aliran lahar.

Dalam pernyataannya Menteri ESDM Iqnatius Jonan menekankan arti penurunan status dari AWASke SIAGA dan Penurunan status Bahaya dari 6 km ke 4 km. Hal utama ditekankan bahwa masyarakatyang bertempat tinggal di radius lebih dari 4 km dapat kembali dan beraktivitas ke rumah atau desamasing-masing. Kedua, Menteri ESDM menekankan agar fungsi koordinasi antar instansi/dinas yangterkait dapat menjalankan fungsinya masing-masing yang lebih efektif. Pernyataan Menteri ESDMdidukung oleh Kepala BNPB dalam mengatur proses persiapan pemulangan hingga pemulihanberikut sarana dan prasarana kebutuhan pengungsi ke tempatnya masing-masing.

 

Kronologi 1 (100118)

Foto 1. Rapat Koordinasi Evaluasi Aktivitas G. Agung yang dipimpin oleh Menteri ESDM

 

Kronologi 2 (100118)

Foto 2. Press Release Menteri ESDM di POS PGA G. Agung terkait Penurunan status menjadi “SIAGA”

 

Kronologi 3 (100118)

Foto 3. Tim Tanggap Darurat PVMBG – Badan Geologi bersama Menteri ESDM dan Kepala BNPB