Laporan Singkat Pemeriksaan Lahan Relokasi Di Kec. Pagetan, Kab. Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah

Laporan singkat hasil kajian geologi terhadap tempat relokasi di Dukuh Gumingsir, Desa Gumingsir, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Hasil pemeriksaan sebagai berikut:

1.  Rencana Relokasi

a.Lokasi

Lokasi rencana relokasi terletak di Dusun Gunmingsir, Desa Gumingsir, Kecamatan Pagentan. Secara geografis lokasi ini terletak pada koordinat : 109° 46' 40.19" BT dan 07° 19' 47.60" LS. Luas lahan calon relokasi adalah 2500 m2 dan di lokasi ini rencananya akan digunakan untuk merelokasi 23 KK.

b.  Kondisi daerah rencana relokasi :

  • Morfologi, Lokasi calon lahan relokasi merupakan lereng perbukitan dengan kemiringan lereng antara 10° – 15°. Kemiringan lereng aga terjal dijumpai pada barat, sedangakn kemiringan lereng yang lebih landai ada pada perkebunan salak yang ada di sebelah timur lahan calon relokasi relokasi.
  • Geologi, Berdasarkan hasil pengamatan, tanah pelapukan berupa lanau lempungan. Berdasarkan Peta Geologi Lembar Banjarnegara dan Pekalongan (Condon, W.H., dkk, 1996), batuan penyusun daerah  rencana relokasi termasuk kedalam Formasi Rambatan (Tmr) yang terdiri dari serpih, napal dan batupasir gampingan.
  • Tataguna lahan, Lahan daerah rencana relokasi dan sekitarnya berupa jalan dan kebun salak pada bagian atas, kebun salak pada bagian tengah, serta kebun campuran pada bagian bawah.
  • Kondisi keairan, Kondisi keairan daerah rencana relokasi berupa aliran air permukaan terdapat pada sungai musiman yang berada pada ujung sebelah utara dari daerah calon relokasi ini.
  • Kerentanan gerakan tanah, Berdasarkan Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah Kabupaten Banjarnegara, daerah calon lahan relokasi terletak pada zona gerakan tanah rendah - menengah. Berdasarkan pengamatan lapangan kondisi calon lahan relokasi memiliki kemiringan lereng yang landai, daerah ini memiliki potensi gerakan tanah rendah dan cukup aman terhadap kejadian gerakan tanah.

  

2. Kesimpulan dan Rekomendasi :

2.1. Kesimpulan

Dari hasil pemeriksaan lapangan dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut :

  • Calon lahan relokasi terdapat pada Zona Kerentanan Gerakan Tanah Menengah;
  • Berdasarkan analisis di lahan relokasi, lahan yang dapat digunakan untuk relokasi adalah daerah sebelah timur dari lahan yang disediakan, berupa perkebunan salak yang memiliki kemiringan lereng yang lebih datar daripada kebun campuran yang berada di sebelah barat (agak layak);
  • Pada lokasi ini dapat dijadikan lahan relokasi dengan beberapa syarat seperti yang di rekomendasikan.

 

2.2. Rekomendasi

Untuk menghindari terjadinya gerakan tanah dan mengurangi risiko akibat bencana gerakan tanah di lokasi relokasi, maka direkomendasikan:

  • Tipe bangunan yang baik adalah dengan konstruksi ringan atau rumah panggung untuk mengurangi pembebanan,
  • Penataan drainase dengan saluran yang kedap air untuk menghindari peresapan air yang cepat sehingga dapat memicu terjadinya gerakan tanah. Terutama pada alur air yang keluar dari perkebunan salak untuk dapat diarahkan menjauh dari lokasi relokasi.
  • Tidak mencetak lahan basah dan penampungan air (kolam) pada bagian atas dan bawah lahan yang berdekatan dengan lereng, terutama pada lereng bagian barat,
  • Melakukan pelandaian lereng dengan disertai perkuatan pada bagian yang berbatasan dengan lembah dan alur alir sungai.

 

LAMPIRAN

Pagetan 1 (230118)

Gambar 1. Peta petunjuk lokasi calon relokasi Dukuh Gumingsir, Desa Gumingsir, Kecamatan Pagetan

 

Pagetan 3 (230118)

Gambar 2. Peta geologi daerah Pagetan dan sekitarnya

 

Pagetan 4 (230118)

Gambar 3. Peta Zona Kerentanan Gerakan Tanah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

 

Pagetan 5 (230118)

Gambar 4. Peta Situasi Rencana Relokasi Pemukiman di Ds Gumingsir, Kecamatan Pagetan,  Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

 

Pagetan 6 (230118)

Gambar 5. Penampang Rencana Relokasi di Ds Gumingsir, Kec. Pagetan, Kab. Banjarnegara

 

Pagetan 7 (230118)

Foto 1. Batas barat dari calon lahan relokasi yang disarankan

 

Pagetan 8 (230118)

Foto 2. Bagian Barat dari daerah calon lokasi relokasi desa Gumingsir yang memiliki kemiringan lereng yang curam

 

Pagetan 9 (230118)

Foto 3. Bagian timur dari daerah calon lahan relokasi Desa Gumingsir