Tanggapan Gempa Bumi Muko-muko, Bengkulu 17 Maret 2014

Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempabumi di sebelah baratdaya Muko Muko, Bengkulu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, Jakarta, USGS, Amerika Serikat,  sebagai berikut:

1. Gempabumi  terjadi pada hari Senin, tanggal 17 Maret 2014, pukul 07:35:28 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempabumi berada pada koordinat 4,06o LS dan 100,43o BT, dengan magnitudo 5.2 SR pada kedalaman 20 km, berjarak 191 km baratdaya Muko Muko, Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Sedangkan menurut USGS pusat gempabumi berada pada koordinat 4,111 °LS dan 100,445°BT dengan magnitudo 5,0 Mw pada kedalaman 13,7 km.

2. Kondisi geologi daerah terkena gempabumi:

Kota Bengkulu dan sekitarnya, daerah yang terdekat dengan pusat gempabumi tersusun oleh batuan sedimen berumur Tersier serta batuan vulkanik dan aluvium berumur Kuarter. Batuan berumur Kuarter mempunyai sifat lepas, urai, belum terkompaksi dengan  baik dan bersifat memperkuat efek goncangan gempabumi.

3. Penyebab gempabumi:

Gempabumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas sesar aktif di perairan sebelah baratdaya Bengkulu. Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami, walaupun pusat gempabumi berada di bawah laut namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu terjadinya tsunami.

4. Dampak gempabumi:

Menurut BMKG, goncangan gempabumi ini  tidak dirasakan di sekitar lokasi kejadian gempa. Hingga tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan maupun korban yang ditimbulkan oleh gempabumi ini.

5. Rekomendasi:

  • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempabumi dan tsunami.
  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.
  • Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun gempabumi berpusat di laut, namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu tsunami.
bengkulu_170314