Tanggapan Kejadian Gempa Bumi Di Barat Daya Jembran, Bali 12 Agustus 2019

    Logo_ESDM_Remake_FINAL-2
1. Informasi Gempa Bumi

Terjadi gempa bumi terjadi pada hari Senin, 12 Agustus 2019 pukul 05:51:30 WIB. Menurut BMKG, pusat gempa bumi berada pada koordinat 9.85°LS dan 113.95°BT dengan magnitudo 5.0 pada kedalaman 10 km, berjarak 181 km barat daya Jembrana, Bali. Sebelumnya, terjadi gempa bumi pada pukul 05:08:16 WIB berada di koordinat 8.87°LS dan 114.47°BT dengan magnitudo 4.9 pada kedalaman 10 km, berjarak 59 km barat daya Jembrana, Bali.

2. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di laut. Lokasi terdekat dari pusat gempa bumi Banyuwangi dan P. Bali. Lokasi tersebut dominan tersusun oleh batuan karbonat berumur Tersier dan batuan gunungapi berumur Kuarter. Batuan ini bersifat lepas dan mudah longsor yang umumnya akan memperkuat efek guncangan gempa sehingga guncangan gempa akan lebih terasa.

3. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan lokasi dan kedalaman pusat gempa bumi, diperkirakan gempa bumi ini berasosiasi dengan subduksi Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Eurasia.

4. Dampak gempa bumi

Belum ada laporan korban dan kerusakan hingga laporan ini dibuat. Gempa bumi ini terasa di Pos PGA G. Agung, Rendang skala II MMI dan Pos PGA Ijen Banyuwangi skala III MMI.  Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami karena energinya tidak cukup kuat menyebabkan deformasi di bawah laut. 

5. Rekomendasi

1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPPD setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai  gempa bumi dan tsunami. 

2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan energinya lebih kecil.