Tanggapan Gempa Bumi Di Perairan Laut Banda, Maluku Tengah 10 Agustus 2019

maluku tengah
I. Informasi Gempa bumi

Telah terjadi gempa bumi pada hari Sabtu, 10 Agustus 2019 pukul 01:08:25 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa dengan Magnitudo 5,4, kedalaman 10 km berpusat di 5.52° LS -129.63° BT dengan jarak 256 km tenggara Maluku Tengah. Berdasarkan informasi dari GFZ Jerman, gempa bumi ini memiliki magnitudo M5,1, pada kedalaman 10 km di bawah dasar laut, pada koordinat 5,56°LS - 129,67°BT; sedangkan menurut USGS, gempa bumi ini memiliki magnitudo M5,4, kedalaman 10 km di bawah dasar laut, pada koordinat 5,612LS - 129,531BT, atau 246 km tenggara Kota Saparua. 

II. Kondisi geologi daerah terdekat pusat gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di Laut Banda. Daerah yang terdekat dengan pusat gempa bumi adalah Pulau Ambon, Pulau Seram, Pulau Buru, Kepulauan Kai dan Tanimbar. Pulau-pulau tersebut tersusun oleh batuan ultramafik, batuan malihan, batuan sedimen dan batuan karbonat berumur Pra-Tersier, batuan vulkanik dan batuan karbonat berumur Tersier, dan batuan sedimen berumur Kuarter. Sifat batuan penyusun demikian, relatif resistan dan tahan terhadap guncangan gempa bumi. Namun pada wilayah di sepanjang pantai, dan sungai, umumnya tersusun oleh endapan aluvium berumur Resen yang memiliki sifat yang urai, lepas dan tidak terkonsolidasi, sehingga akan memperkuat efek guncangan gempa bumi. 

III. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan posisi dan kedalaman hiposenter gempa, diperkirakan gempa bumi ini berasosiasi dengan pensesaran aktif di dasar laut. Sedangkan zona subduksi di wilayah ini, memiliki kedalaman zona Benioff mencapai 100 km di bawah dasar laut.

IV. Dampak gempa bumi

Belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa bumi ini. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena tidak memenuhi syarat terbentuknya gelombang tsunami. 

V. Rekomendasi

• Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

• Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.