Tanggapan Kejadian Gempa Bumi Tanggal 9 Agustus 2019di Keerom, Papua

keerom papua
1. Informasi Gempa bumi

Gempa bumi terjadi pada hari Jumat, tanggal 9 Agustus 2019, pukul 00:56:45 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa bumi terletak di 28 km BaratDaya Keerom, pada koordinat 3.53 LS dan 140.59 BT, dengan magnitudo 5.0, pada kedalaman 118 km. Berdasarkan United States Geological Survey (USGS) Amerika, pusat gempabumi terletak di 3.708 LS dan 140.338 BT, dengan magnitudo 4.8, pada kedalaman 98.2 km. GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman melaporkan pusat gempabumi terletak di 3.81 LS dan 140.31 BT, dengan magnitudo 5.0, pada kedalaman 81 km

2. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di darat. Daerah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi pada umumnya disusun oleh batuan berumur Pratersier, batuan sedimen berumur Tersier, dan endapan  Kuarter. Guncangan gempa bumi akan terasa kuat pada endapan Kuarter serta batuan berumur Pratersier dan Tersier yang telah mengalami pelapukan karena bersifat urai, lepas, tidak kompak dan memperkuat efek guncangan.

3. Penyebab gempa bumi

Gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan zona subduksi antara Lempeng Pasifik dan Lempeng Indo-Australia.

4. Dampak gempa bumi

Gempa bumi ini tidak memicu tsunami karena lokasi pusat gempa bumi terletak di darat. Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan  bangunan akibat kejadian gempa bumi ini.

5.  Rekomendasi

(1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari BPBD dan Pemerintah daerah setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempa bumi dan tsunami.

(2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang energinya lebih kecil dari gempa bumi utama.