Tanggapan Kejadian Gempa Bumi Di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur Tanggal 10 Januari 2019

 

NTT                  
1. Informasi Gempa Bumi

Gempa bumi terjadi pada hari Kamis, 10 Januari 2019, pukul 01:56:31 WIB. Menurut Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada pada koordinat 9,62°LS dan 119,95°BT dengan magnitudo 5,2 pada kedalaman 80 km, berjarak 31 km tenggara Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Informasi dari Geo Forschungs Zentrum (GFZ) Jerman, pusat gempa bumi berada pada koordinat 119,95°BT dan 9,54°LS, magnitudo 5,0 dan kedalaman 75 km.

2. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di darat Pulau Sumba. Lokasi pusat gempa bumi tersusun oleh batuan karbonat, batuan gunungapi, batuan beku serta malihan yang berumur Tersier hingga batuan karbonat berumur Kuarter yang ada di utara Pulau Sumba. Batuan tersier yang sudah lapuk dan batuan berumur muda umumnya bersifat lepas akan memperkuat efek guncangan gempa.

3. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan lokasi dan kedalaman pusat gempa bumi, diperkirakan gempa bumi ini merupakan gempa bumi intraslab yaitu gempa bumi yang terjadi pada tubuh Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

4. Dampak gempa bumi

Belum ada laporan mengenai korban dan kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi ini. Dirasakan II-III MMI di Manggarai Barat, III MMI di Waingapu, Bima, Labuan Bajo Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena berada di darat dan tidak menimbulkan dislokasi di dasar laut.

5. Rekomendasi

1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPPD setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai  gempa bumi dan tsunami. 

2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan