Tanggapan Kejadian Gempa Bumi Tanggal 29 Juli 2019di Barat Daya Kodi, Sumba Barat Daya, Ntt


sumba barat daya


I. Infotmasi Gempa Bumi

Gempa bumi terjadi pada hari Senin, tanggal 29 Juli 2019, pukul 19:45:29 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa bumi berada pada koordinat 9.78°LS dan 118.06°BT, dengan magnitudo 5.0 pada kedalaman 10 km, berjarak 104 km Barat Daya Kodi, Sumba Barat Daya.

II. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

Batuan di Pulau Sumba didominasi oleh Batu Gamping atau Batuan Karbonat berumur Tersier. Batugamping terumbu berumur Kwarter dapat ditemui di pesisir sebelah barat, utara dan timur Pulau Sumba. Di sebelah utara Pulau Sumba terdapat Pulau Sumbawa dan Pulau Flores yang secara dominan disusun oleh batuan vulkanik. Batuan Vulkanik Kuarter dapat dijumpai di selatan dan timur Pulau Flores, dan di bagian utara Pulau Sumbawa. Goncangan gempa bumi akan terasa pada endapan alluvium, batuan vulkanik Kuarter dan pelapukan Batuan Tersier yang bersifat lepas dan tidak terkonsolidasi, karena sifat batuan yang demikian akan memperkuat efek goncangan gempa bumi.

III. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan posisi sumber gempa bumi dan kedalamannya, gempa tersebut diperkirakan berasosiasi dengan penunjaman lempeng Indo-Australia dengan Eurasia. 

IV. Dampak gempa bumi

Gempa bumi ini terekam tetapi tidak dirasakan di Pos PGA G. Rinjani, G. Tambora, G.Anak Ranakah, dan G. Inelika. Hingga tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa bumi ini. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, meskipun sumber gempa bumi berada di laut namun energi yang dihasilkan tidak cukup untuk memicu tsunami.

V. Rekomendasi

(1) Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari Pemerintah Daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

(2) Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.