Tanggapan Gempa Bumi Tenggara Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat - 5,0 Sr - 10 Februari 2018

TANGGAPAN GEMPA BUMI TENGGARA SUMBAWA BARAT, NUSA TENGGARA BARAT
5,0 SR - 10 FEBRUARI 2018

Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempabumi di Tenggara Sumbawa Barat, NTB berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, Jakarta dan Analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi sebagai berikut:

 

I. Informasi gempa bumi

Gempabumi terjadi pada hari Sabtu, tanggal 10 Februari 2018. Berdasarkan informasi dari BMKG gempabumi terjadi pada pukul: 07:31:19 WIB, pusat gempabumi berada pada koordinat 9,17°LS dan 117,17°BT dengan magnitudo 5,0 SR pada kedalaman 10 km, pada jarak 40 km Tenggara Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

 

SUMBAWA 10 FEB

 

II. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

Daerah paling dekat dengan pusat gempabum tersusun dari batuan vulkanik dan batugamping berumur Tersier. Batuan berumur Tersier yang belum terdeformasi dan belum lapuk pada umumnya bersifat keras, kuat dan kompak.

 

III. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan data kedalaman pusat gempabumi, diperkirakan gempabumi ini berasosiasi dengan penunjaman Lempeng Australia ke bawah busur kepulauan Nusa Tenggara.

 

IV. Dampak gempa bumi

Menurut laporan BMKG, gempabumi ini dirasakan di Sumbawa dan Mataram dengan Intensitas II MMI. Sampai saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan yang diakibatkan oleh gempabumi tersebut.Gempabumi ini tidak menimbulkan tsunami.


V. Rekomendasi

  • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab tentang gempabumi. Hingga kini belum ada teknologi yang mampu untuk meramalkan kapan dan berapa besar kekuatan gempabumi yang akan terjadi.

  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempabumi susulan.