Tanggapan Kejadian Gempabumi Di Laut Bali, Lombok Utara, Ntb, 13 Agustus 2017

Bersama ini disampaikan tanggapan kejadian gempa bumi di Laut Bali, sebelah barat laut Lombok Utara, NTB, berdasarkan informasi dari berbagai sumber dan analisis Badan Geologi, sebagai berikut:

1. Kejadian gempa bumi

 Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi terletak pada koordinat 7.85°LS  dan 116.03°BT, sebesar Magnitudo 5.1 pada kedalaman 314 km, berjarak  64km baratlaut Lombok Utara. 

 

2. Kondisi Geologi Daerah Sekitar Lokasi Gempa Bumi

 Pusat gempa bumi berada di Laut Bali. Sebagian besar wilayah yang dekat dengan lokasi gempabumi tersusun oleh batuan berumur Tersier hingga Kuarter, terdiri dari batuan sedimen, batuan gunung api, batuan beku, malihan dan bancuh. Sepanjang pesisir tersusun oleh endapan Aluvium, yang bersifat lepas dan belum terkonsolidasi sehingga bisa memperkuat efek guncangan gempa.

 

3. Penyebab Gempa Bumi

 Berdasarkan posisi dan kedalamannya, diperkirakan gempa bumi berasosisasi dengan aktivitas penujaman lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia

 

4. Dampak Gempa bumi

 Berdasarkan informasi BMKG, sampai tanggapan ini dibuat, belum ada laporan mengenai dirasakannya gempa bumi ini maupun kerusakan akibat gempa bumi ini. Gempa bumi ini tidak memicu tsunami, walaupun gempa berada di laut namun energinya tidak cukup kuat untuk memicu tsunami.

 

5. Rekomendasi

  • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
  • Masyarakat diharapkan agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan

 

Bidang Mitigasi Gempabumi dan TsunamiPusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana GeologiBadan Geologi

 

Bali (130817)