Peta Krb Tsunami Pacitan Dari Badan Geologi Akan Digunakan Sebagai Dasar Rtrw Kabupaten Pacitan

Salah satu produk yang dihasilkan oleh Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) adalah peta Kawasan Rawan Bencana (KRB) Tsunami, yang penyusunannya dilaksanakan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Satu langkah ke depan dari peta KRB dalam mitigasi bencana Tsunami adalah digunakannya peta tersebut sebagai dasar dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Seperti pada peta KRB Tsunami Pacitan, Jawa Timur, dimana peta tersebut digunakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) / Badan Pertanahan Nasional (BPN) sebagai salah satu dasar untuk penyempurnaan RTRW Kabupaten Pacitan dari aspek mitigasi bencana tsunami.

Sebagai salah satu rangkaian kegiatan Peningkatan Kualitas Tata Ruang (PKTR) Kawasan Rawan Bencana di Kabupaten Pacitan, pada hari Kamis (13/07/2017), Dirjen Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN mengadakan acara diskusi Penataan Ruang Kawasan Rawan Bencana (KRB) Tsunami di Kabupaten Pacitan. Acara yang diadakan di Parai Teleng Ria Beach Resort, dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan, Suko Wiyono, yang mewakili Bupati Pacitan, dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Direktur Penataan Kawasan, KATR, Agus Sutanto.

Acara diskusi kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tiga materi. Materi pertama mengenai "Penataan Ruang KRB Tsunami dan Penetapan Sempadan Pantai di Pacitan Kabupaten Pacitan", dipaparkan oleh Ketua Tim Peningkatan Kualitas Tata Ruang Kawasan Rawan Bencana di Pacitan, Mirwansyah Prawiranegara. Paparan kedua diisi oleh Subandono Diposaptono, pakar mitigasi bencana tsunami Indonesia, dengan materi "Urgensi Sempadan Pantai dan Praktik Baik Pengelolaannya".

1 Acara diskusi penataan ruang kawasan rawan bencana tsunami di Kab. Pacitan
Gambar 1. Acara diskusi penataan ruang kawasan rawan bencana tsunami di Kab. Pacitan

Perwakilan dari PVMBG, Badan Geologi, KESDM, Akhmad Solikhin, menjadi pembicara ketiga yang memaparkan mengenai "Pemetaan Kerawanan Bencana Tsunami di Kabupaten Pacitan". Dalam paparannya dijelaskan mengenai tugas PVMBG, khususnya dalam pemetaan KRB Tsunami, serta Peta KRB Tsunami Pacitan yang disusun oleh Robiana dkk. pada tahun 2016. Peta KRB tersebut belum mencakup seluruh kawasan pesisir pantai Kabupaten Pacitan, karena data resolusi tinggi yang tersedia hanya untuk wilayah Teluk Pacitan.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan diskusi guna melengkapi berita acara kesepakatan tata ruang Kabupaten Pacitan. Berita acara tersebut diantaranya berisikan peran serta masing-masing institusi dalam penataan ruang di Kabupaten Pacitan, dan salah satu peran yang diharapkan dari KESDM adalah melengkapi peta KRB Tsunami untuk semua pesisir pantai Kabupaten Pacitan.

2 Penandatanganan berita acara kesepakatan penataan ruang Kab. Pacitan oleh Bupati Pacitan (Sumber foto Humas PemKab. Pacitan)
Gambar 2. Penandatanganan berita acara kesepakatan penataan ruang Kab. Pacitan oleh Bupati Pacitan (Sumber foto: Humas PemKab. Pacitan)

Setelah selesai, peserta diskusi dijamu makan siang di Pendopo Bupati Pacitan oleh Bupati dan Wakil Bupati Pacitan. Selepas makan siang, dilakukan acara penandatanganan berita acara kesepakatan tata ruang Kabupaten pacitan oleh pihak-pihak terkait. Terkait kegiatan tersebut Bupati Pacitan, Indartanto, menyatakan “Penandatanganan itu sekaligus menjadi simbol kepedulian pemkab terhadap potensi ancaman bencana tsunami. Kita sambut baik hasil kesepakatan diskusi dari berbagai unsur. Mulai dari kementerian sampai di perangkat daerah”.