Tanggapan Gempa Buru 5.0 Sr - 11 Juni 2017

TANGGAPAN GEMPA BURU
5.0 SR - 11 JUNI 2017

Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempa bumi di perairan baratdaya Pulau Buru, Maluku. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai sumber dan analisis dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, sebagai berikut:

1. Kejadian gempa bumi
Gempa bumi terjadi pada hari Minggu, 11 Juni 2017, pukul 14:02:34 WIB. Menurut BMKG, pusat gempa bumi berada pada koordinat 4.42°LS dan 126.15° BT dengan magnitudo 5.0 SR pada kedalaman 403 km di bawah dasar laut, berjarak 98 km baratdaya Pulau Buru, Maluku. Sedangkan menurut USGS, gempa berpusat di 4.429°LS dan 126.067° BT, manituda M 4.8, dengan kedalaman 416 km di bawah dasar laut, berada pada 87 km baratdaya Lheksula (di Pulau Buru).

 

BURU - 11062017


2. Kondisi Daerah Bencana 
Gempa bumi berada di laut (baratdaya Pulau Buru). Daerah di sekitar pusat gempa bumi yaitu Pulau Buru dan Pulau Seram tersusun oleh batuan malihan berumur Pra Tersier yang relatif solid dan padat, sedangkan Pulau Ambon didominasi oleh batuan gunung api berumur Tersier yang cukup kompak, namun endapan aluvium di sepanjang pantai yang bersifat urai, lepas, dan belum kompak akan memperkuat efek getaran, sehingga rawan terhadap goncangan gempa bumi.


3. Dampak Gempa bumi
Hingga laporan ini dibuat belum ada informasi mengenai kerusakan maupun korban jiwa yang disebabkan oleh gempa bumi ini. Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatan gempa


4. Penyebab Gempa bumi
Berdasarkan posisi sumber gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi ini diduga berasosiasi dengan zona subduksi Laut Banda, karena kedalaman pusat gempa yang sesuai dengan kedalaman zona Benioff.


5. Rekomendasi
• Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
• Gempa bumi susulan akan lebih kecil dari gempa bumi utama, namun masyarakat diharapkan agar tetap waspada. 
• Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena kedalaman pusat gempa yang dalam, dan kekuatan gempa bumi relatif kecil sehingga tidak menghasilkan dislokasi vertikal di dasar laut, yang dapat menghasilkan tsunami.